Wisata Ternate

Wisata Ternate

Wisata Ternate – Ternate sendiri adalah Salah satu pulau yang masih termasuk ke dalam Provinsi Maluku Utara. Ternate dan Tidore adalah 2 pulau yang seakan kembar, dimana kedua pulau ini mempunyai ukuran yang hampir sama besarnya, berlokasi di bagian barat pulau Halmahera, dan kedua pulau ini berhadapan satu dengan yang lainnya. Adanya gunung berapi di Ternate ini membuat tanah di kawasan ini sangat subur, dan kaya akan pasir hitam. Seperti kawasan Indonesia lainnya, kawasan ini juga kaya akan kecantikan alamnya. Pulau yang satu ini memiliki pantai dan danau yang cantik, selain itu, pulau yang satu ini juga dapat Anda kunjungi sebagai objek wisata sejarah kesultanan Islam yang cukup terkenal.

Objek wisata di Ternate

Walaupun ukuran pulaunya tidak terlalu besar, hanya sekitar 547,736 km2, namun pulau yang satu ini memiliki objek wisata yang cukup beragam, mulai dari objek wisata alam, objek wisata budaya, objek wisata sejarah, objek wista kuliner dan objek wisata lainnya.

Untuk objek wisata alam, Anda dapat mengunjungi Batu Angus, yang terletak sekitar 10 km dari pusat kota Ternate. Disebut demikian, karena batuan ini berasal dari muntahan gunung Gamalama, selain melihat bentuk Batu Angus, disini Anda juga dapat menikmati indahnya laut lepas serta keindahan pulau Hiri. Anda juga dapat menikmati indahnya pantai Sulahamada, lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari Batu Angus, disini Anda akan melihat indahnya pasir putih, serta deburan ombak yang mengalun tenang. Ada yang unik dari pantai yang satu ini. Dimana di salah satu sisi pantai terdapat sebuah teluk kecil dan sempit, selain itu teluk ini dikelilingi oleh aneka pepohonan nan rindang. Begitu Anda masuk ke lokasi tersebut, mata Anda akan sangat dimanjakan oleh air laut yang bir jernih, bahkan Anda dapat melihat hingga ke dasar laut. Disini Anda dapat melakukan snorkeling, atau hanya berenang.

Baca Juga :

Untuk wisata sejarah, maka Anda dapat mengunjungi Masjid Sultan Ternate, keraton Kesultanan Ternate, benteng Talukko, Bentang Oranje, Bentang Kalamata, dll. Selain itu, masih banyak lagi objek wisata menarik yang dapat Anda kunjungi.

Kuliner Khas Ternate

Lelah berwisata, tidak ada salahnya jika Anda mencicipi kuliner khas setempat, namun karena lokasinya yang dekat dengan Sulawesi Utara, membuat beberapa jenis kuliner jadi terpengaruh karenanya. Namun demikian, ketika Anda mengunjungi Ternate, ada baiknya jika mencoba untuk menyantap beberapa jenis kuliner tersebut, seperti :

  • Gohu ikan, jika di Jepang Anda akan menemukan sashimi, maka di Ternate Anda akan menemukan Gohu ikan, dimana tuna merah akan dipotong mentah dan disajikan dengan beberapa bumbu lain, seperti garam, daun kemangi, perasan jeruk lemon, dll. Rasa asam, manis, gurih dan sedikit pedas akan Anda rasakan, ketika mencicipi kuliner yang satu ini.
  • Ikan Komu Asar, terbuat dari jenis ikan cakalang, yang ditusuk bambu kemudian diasapi hingga kering. Kuliner ini paling nikmat jika disantap bersama sambal Colo-Colo khas Maluku dan nasi hangat.
  • Sagu Waku moko-komo, ini adalah kuliner lain khas Ternate yang terbuat dari tepung sagu, yang kemudian dibakar. Kuliner yang satu ini cocok jika dijadikan sebagai camilan, karena rasanya yang manis, hasil campuran kenari dan kacang.

Selain itu, masih ada lagi beberapa kuliner khas Ternate lainnya yang dapat Anda nikmati ketika ketika mengunjungi pulau yang satu ini.

Cara menuju Ternate

Ada 2 cara yang dapat Anda lakukan untuk sampai ke pulau Ternate ini. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan jalur udara, sedangkan yang kedua adalah menggunakan jalur laut.

Untuk jalur udara ini, Anda dapat berangkat dari kota asal menuju Bandara Sultan Babullahdi Ternate. Jika Anda berangkat dari Jakarta, maka lama penerbangannya sendiri hampir sekitar 4 jam.

Jalur lain yang dapat Anda gunakan adalah jalur laut. Untuk jalur laut ini, Anda dapat menggunakan kapal PELNI yang ada di Ahmad Yani ke pelabuhan Ternate.

Urusan transportasi umum di kawasan Ternate ini cukup banyak. Mulai dari angkutan umum dan ojek.